WELCOME IN SONHAJI'S SPOT

04/02/09

PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM PEMBANGUNAN MELALUI PENINGKATAN KELEMBAGAAN PKK

I PENDAHULUAN

Saat ini kita tengah memasuki era globalisasi, di mana kehidupan di suatu negara tidak dapat menafikan kehidupan di negara lainnya, terlebih telah terwujudnya kesepakatan-kesepakatan international, regional, maupun bilateral dalam hal persaingan bebas, terutama yang bersentuhan dengan lapangan ekonomi. Di tingkat internasional terdapat WTO (Word Trade Organization) yang mengatur perdagangan di tingkat dunia, juga di tingkat regional terutama di Asean telah ditetapkan tahun 2003 sebagai tahun perdagangan bebas di kawasan ini, yaitu dengan disepakatinya AFTA (Asean Free Trade Area). Iklim global seperti ini harus disikapi dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu bertahan dan bersaing di tingkat global, bila tidak ingin digilas oleh globalisasi.

Di samping fenomena globalisasi, pada akhir Abad XX atau memasuki Millenium ke-3 di dunia telah terjadi perubahan besar-besaran di bidang demografi (kependudukan), yaitu makin banyak kota-kota besar tedapat di belahan bumi sebelah selatan dibandingkan dengan keadaan sebelumnya, yang lebih banyak terdapat di belahan bumi sebelah utara. Perubahan itu juga terjadi pada struktur sosial dan ekonomi penghuni kota, yaitu yang sebelumnya minoritas penduduk kota adalah golongan yang berpendapatan rendah, kini menjadi mayoritas. Kalau sebelumnya penduduk kota yang diam dan bekerja di sektor informal merupakan minoritas, sekarang menjadi mayoritas.

Usaha informal terdapat di mana saja di kota-kota besar di dunia, termasuk di dalamnya adalah Indonesia terutama di Daerah Khusus Ibokota (DKI) Jakarta. Ternyata usaha ini tidak mengalami gejolak akibat krisis ekonomi yang melanda usaha-usaha besar formal, yang bahkan menyulitkan ekonomi dan keuangan negara. Usaha informal juga tidak memerlukan bantuan pinjaman dari bank-bank dalam jumlah besar, dan bahkan mereka tumbuh tanpa bantuan siapa pun. Dalam penyerapan tenaga kerja, mereka ternyata cukup signifikan pula dapat memperkerjakan tenaga-tenaga yang semula tenaga tidak trampil menjadi tenaga trampil. Ini berarti mereka sanggup mengurangi angka pengangguran yang bila tidak ditangani secara sungguh-sungguh akan berdampak sosial dan politik yang semakin luas.

Usaha informal yang notabene secara mayoritas tergolong pada jenis usaha kecil memerlukan daya dukung yang tinggi dan tingkat sustainability yang memadai. Tentunya upaya untuk melakukan kedua hal itu sangat proporsional bila menempatkan perempuan sebagai aktor utama dalam menjalankan jenis usaha ini. Karena sifatnya yang flexible, replicable (mudah diproduksi), dan tingkat manajemen sederhana, sehingga dapat dijadikan sebagai komoditas suplemen bagi peningkatan penghasilan keluarga. Dalam hal ini perempuan bisa memainkan perannya secara maksimal dan meningkatkan komuditas suplemen menjadi penghasilan utama dalam keluarga. Pada gilirannya perempuan tidak dipandang sebelah mata lagi dalam perannya sebagai stabilisator dan dinamisator perekonomian keluarga.

Upaya untuk memberdayakan (empowering) kaum perempuan dalam percaturan ekonomi, terlebih melihat tantangan ke depan membutuhkan daya saing yang tinggi, di Indonesia telah ditangkap dan direspon melalui eksistensi lembaga Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Relevansi kehadiran lembaga PKK ini dengan tantangan perekonomian global yang lebih menekankan pada dunia usaha informal, telah direduksi dan dikonstruksi dalam bentuk kegiatan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). Kegiatan ini harus ditingkatkan, diberdayakan (empowerment), disinergikan dengan kegiatan-kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat secara mikro, dan dipertahankan keberadaannya. Pada gilirannya akan menjadi sebuah model alternatif pengembangan ekonomi kerakyatan, karena secara institusional dan manajerial lembaga PKK telah eksis dan menyebar di seluruh peloksok negeri.

II PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DALAM PROGRAM UP2K-PKK

Dalam system pembangunan nasional tidak ada satu pun peraturan atau kebijakan yang menghambat kaum perempuan di Indonesia untuk berperan, baik secara politis, ekonomi maupun sector kehidupan lainnya. Bahkan peran perempuan ini selalu dikedepankan dan menjadi perhatian utama dalam kerangka pelaksanaan pembangunan. Hal ini tergambar dari formulasi pelaksanaan program Inpres Desa Tertinggal (IDT) dan Program Makanan Tambahan untuk Anak SD (PMT-SD) yang memfokuskan perempuan sebagai aktor utamanya.[1] Urgensi penempatan peranan dan potensi perempuan dalam proses pembangunan secara optimal akan dapat mempercepat tujuan nasional. Tujuan nasional ini hanya dapat terwujud apabila laki-laki dan perempuan melakukan perannya.

Oleh karena itu upaya pemberdayaan perempuan harus selalu dikedepankan dan mendapatkan prioritas utama, sehingga eksistensi kaum perempuan dalam semua dimensi kehidupan dapat sejajar dengan laki-laki. Dalam hal ini tidak ada lagi gender bias (ketidakadilan jender) yang sampai saat ini di Indonesia masih dirasakan oleh mayoritas kaum perempuan. Terjadinya ketidakadilan jender secara holistic lebih disebabkan oleh adanya konstruksi atau rekayasa sosial yang turun temurun, sehingga terinternalisasi dalam kehidupan masyarakat, berupa suatu bentuk ketidakadilan yang dialami oleh kaum perempuan. Juga faktor religiusitas yang dipahami oleh sebagian besar pemeluknya untuk lebih memberikan hak-hak istimewa (privilege) yang dinikmati kaum laki-laki dalam kedudukan khususnya di dalam kehidupan bersama.

Ketidakadilan jender dalam kehidupan mengambil bentuk-bentuknya yang spesifik, yaitu marjinalisasi, subordinasi, stereotip, dan violence (kekerasan) terhadap kaum perempuan. Keberadaan perempuan dalam struktur ekonomi selalu dikesampingkan (dimarjinalisasikan), sehingga perempuan kehilangan sumber-sumber pebdapatannya. Begitu pula secara struktural perempuan disubordinasi oleh kaum laki-laki, sehingga perempuan harus selalu tunduk dan patuh terhadap struktur kekuasaan laki-laki. Hal ini pada gilirannya dapat menjadikan distorsi bahkan pengendapan terhadap potensi yang dimiliki oleh kaum perempuan. Pada akhirnya perempuan memiliki stereotif sebagai makhluk yang lemah, tidak berdaya, tidak kreatif, dan hanya cocok untuk pekerjaan-pekerjaan domestik un sich. Dengan demikian sering terjadi bentuk-bentuk kekerasan (violence) yang dilakukan oleh laki-laki terhadap perempuan.[2]

Fenomena ketidakadilan gender (gender bias) itu sangat besar pengaruhnya terhadap kehidupan perempuan Indonesia secara umum. Oleh karena itu upaya untuk melakukan penyadaran terhadap perempuan akan pentingnya perspektif gender dalam semua dimensi kehidupan menjadi sebuah keniscayaan. Dari perspektif ini kemudian akan melahirkan bentuk kesadaran baru yakni pemberdayaan perempuan dalam proses pembangunan bangsa. Upaya pemberdayaan perempuan ini pada hakekatnya merupakan peningkatan harkat dan martabat kaum perempuan yang dalam kondisi saat ini tidak mampu untuk melepaskan diri dari perangkap budaya, kemiskinan, dan keterbelakangan. Pemberdayaan ini harus diikuti dengan memperkuat potensi, daya, dan karakter yang dimiliki oleh kaum perempuan.

Dalam kontek pembangunan nasional, pemberdayaan perempuan berarti upaya menumbuhkembangkan potensi dan peran perempuan dalam semua dimensi kehidupan. Perempuan akan mengabil peran-peran penting dalam kapasitasnya sebagai makhluk sosial, terutama dalam rangka peningkatan kualitas pendapatan keluarga. Lembaga-lembaga local yang ada lebih tepat bila diperankan secara langsung oleh kaum perempuan, baik yang bergerak dalam bidang sosial maupun ekonomi. Sesungguhnya kultur perempuan yang ada pada sebagian masyarakat Indoensia adalah bersifat guyub (komunal). Kuatanya daya komunalitas ini tercermin dari masih eksisnya lembaga-lembaga yang bergerak dalam bidang kewanitaan, seperti PKK, Posyandu, benuk-bentuk arisan warga dan sejenisnya.

Kuatnya ikatan perempuan dalam pengurusan kelembagaan menjadi salah satu asset strategis yang harus dikembangkan dan ditingkatkan, sehingga dapat mengangkat peran perempuan dalam kehidupan bermasyarakat secara nyata. Realitas semacam ini akan lebih baik bila dikembangkan ke arah penguatan institusi di bidang perekonomian. Kegiatan institusi local di bidang ekonomi bagi kaum perempuan, di samping mempererat ikatan-ikatan mondial dan sosial, juga dapat meningkatkan produktivitas perempuan yang muaranya dapat menambah income (pendapatan) keluarga. Pada akhirnya kegiatan-kegiatan seperti ini dapat mempercepat pembangunan Nasional dan mengatasi krisis ekonomi yang dimulai dari sisi kehidupan yang paling mikro, yakni keluarga.

Terkait dengan signifikansi peran perempuan dalam pemberdayaan dan peningkatan pendapatan ekonomi keluarga, PKK mempunyai prioritas program berupa Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). UP2K ini dapat dijadikan sebagai basis implementasi pemberdayaan perempuan di tingkat praktis. Potensi, daya, dan karakter perempuan yang tidak kalah penting dan bobotnya dengan laki-laki dapat menjadikan program UP2K-PKK sebuah program unggulan dalam tataran program social safety net (jaring pengaman social), sebagai salah satu upaya menolong masyarakat dari keterpurukan ekonomi dengan jalan memberdayakan dan membangun masyarakat menjadi individu atau keluarga yang mandiri.[3]

Pada tataran ini, maka dapat diformulasikan bahwa program UP2K-PKK sebagai basis pemberdayaan perempuan merupakan upaya untuk memecahkan belenggu sosial budaya berupa konstruksi sosial yang telah menginternal pada perempuan, yaitu dengan cara langsung memberi peran ekonomi kepada kaum perempuan terutama pada lapisan masyarakat yang tidak mampu. Dengan demikian program UP2K-PKK akan menjadi sebuah suprastruktur yang efektif bagi kaum perempuan untuk memainkan peran dan membuktikan kualitas, kapasitas, dan kapabelitasnya 6+sebagai orang yang dapat berkiprah pada sector ekonomi khususnya dan sector-sektor kehidupan lain pada umumnya. Banyak hasil studi yang menunjukan bahwa investasi SDM perempuan menghasilkan returns yang lebih tinggi melalui peningkatan produktivitasnya.[4]

III ERA GLOBALISASI DAN PENGEMBANGAN UP2K-PKK

Zaman neoteknologi dari masa ke masa terutama pada masyarakat modern sekarang ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Terutama setelah ditemukannya teknologi komunikasi yang semakin canggih. Teknologi komunikasi dengan bantuan satelit dan komputer telah melahirkan era globalisasi. Era globalisasi yaitu suatu era (masa) di mana Dunia relatif semakin sempit karena komunikasi antar negara semakin cepat, juga menjadi semakin kompleks karena kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang amat pesat dan berpengaruh dalam seluruh proses kehidupan manusia.[5]

Fenomena globalisasi ini pada Millenium ke-3 telah mampu merasuk pada semua dimensi kehidupan di berbagai belahan Dunia, terutama dalam bidang ekonomi dengan stressing point-nya pada permasalahan liberalisasi ekonomi atau free trade (perdagangan bebas). Satu tahun ke depan di tingkat regional kita akan dihadapkan dengan Asean Fee Trade Area (AFTA), sehingga membutuhkan antisipasi yang lebih kritis terhadap dampak yang akan ditimbulkannya.

Pada masa kini perkembangan lingkungan strategis cenderung multikompleks dan interdependensi (saling ketergantungan). Tidak ada satu kawasan atau negara pun yang dapat melakukan kegiatan ekonominya secara sendiri, tanpa mempunyai ketergantungan investasi, factor produksi, dan pasar dari kawasan/negara lainnya. Bergulirnya liberalisasi perdagangan semacam ini akan membawa peluang dan tantangan bagi produk-produk barang dan jasa Indonesia. Peluang ini dapat dimanfaatkan oleh keberadaan usaha kecil dalam bentuk usaha informal –termasuk di dalamnya UP2K-PKK--, untuk meningkatkan kualitas, kuantitas, dan kontinyutas produknya, sehingga dapat bersaing dengan produk-produk dari luar. Sebab kunci dari globalisasi adalah sebuah persaingan (competitiveness) secara bebas dan dapat memuaskan konsumen.[6]

Dalam kondisi percaturan global seperti ini dan badai krisis ekonomi yang belum berakhir menerpa bangsa Indoensia, maka peran UP2K-PKK yang tergolong pada usaha kecil sangat diharapkan eksistensinya. Hal ini disebabkan model UP2K-PKK akan mampu bertahan terhadap krisis ekonomi dan situasi liberalisasi perdagangan atau percaturan perekonomian global daripada perusahaan-perusahaan besar dan menengah, karena tidak tergantung pada pasar formal dan dana pinjaman yang sangat besar. Di samping itu, UP2K-PKK cenderung menghasilkan kebutuhan pokok (necessities) dan bukan barang mewah (luxuries).[7] Produk UP2K-PKK dapat dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat, sehingga tingkat perputaran modalnya akan sangat cepat yang sudah barang tentu akan mempercepat juga poses produksinya.

Oleh karena itu upaya pengembangan UP2K-PKK dalam era globalisasi harus ditekankan pada tiga hal. Pertama, mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk. Produk yang dihasilkan harus benar-benar baik secara kualitatif dan dapat dibuktikan tingkat kualitatifnya. Karena pada era liberalisasi perdagangan ini, konsumen menuntut ketahanan kualitas sebuah produk yang diinginkannya, sebab semakin banyaknya alternatif yang dapat diperoleh oleh konsumen. Kedua, memacu kuantitas produk yang dihasilkan. Dalam hal ini tingkat produktivitas yang dipicu oleh factor efesiensi dan efektifitas harus dikedepankan. Dengan kunatitas hasil produksi yang tinggi, sangat dimungkinkan dapat mempengaruhi milieu pasar yang cenderung menginginkan banyak alternatif. Ketiga, menjaga kontinyuitas produk yang akan memantapkan kepercayaan pasar terhadap produk-produk yang dihasilkan. Kontinyuitas ini akan memberikan sebuah labelisasi terhadap UP2K sebagai salah satu jenis usaha yang mampu memberikan pelayanan (service) terhadap konsumen (customer) yang bersifat simultan.

Faktor penentu di era globalisasi dan liberalisasi perdagangan di samping kualitas daya saing, juga pemberian layanan yang baik (good service) terhadap konsumen. Dengan kemampuan meberikan pelayanan yang baik, maka secara tidak langsung merupakan asset advertising bagi para konsumen. Salah satu bentuk pelayanan yang baik itu dapat diwujudkan dengan ketahanan kontinyuitas produk UP2K-PKK. Maka mendorong UP2K-PKK untuk tetap survive dalam lini kegiatan ekonomi kerakyatan harus menjadi perhatian utama (primary attention) pihak pemerintah dan mendapatkan stimulan dari masyarakat sebagai pelaku utamanya.

IV STRATEGI PENGEMBANGAN DAN MODEL KEGIATAN UP2K-PKK

Perhatian pemerintah terhadap peningkatan kegiatan usaha kecil secara substansial sangat besar yakni dengan dikeluarkannya Inpres No.5 tahun 1993 tentang Peningkatan Penanggulangan Kemiskinan dan Inpres No.3 tahun 1996 tentang Pembangunan Keluarga Sejahtera[8]. Akan tetapi pada dataran praktis keberpihakan pemerintah cenderung terhadap usaha besar dan menengah. Walaupun demikian eksistensi usaha kecil masih tetap bertahan dan bahkan mengalami perkembangan terutama di sector informal, karena memiliki daya tahan dan kemampuan untuk menyesuaikan diri secara luwes terhadap perubahan lingkungan perekonomian dan kebijakan.[9]

Usaha kecil ini sering juga disebut sebagai kegiatan ekonomi kerakyatan, yang oleh Revrisond Baswir dimaknai sebagai suatu situasi perekonomian di mana berbagai kegiatan ekonomi diselenggarakan dengan melibatkan partisipasi semua anggota masyarkat, sementara penyelenggaraan kegiatan ekonomi itu pun berada di bawah pengendalian dan pengawasan anggota-anggota masyarakat.[10] Oleh karena itu, dalam upaya meningkatkan taraf hidup dan mengembangankan potensi rakyat, maka dibutuhkan pendekatan pembangunan yang berorientasi kerakyatan. Obsesi pemunculan gagasan pembangunan berorientasi kerakyatan adalah berupaya menggali potensi yang dimilikinya untuk dikembangkan, sehingga secara produktif dapat meningkatkan kualitas hidupnnya.

Mengingat urgensinya ekonomi kerakyatan (usaha kecil) dalam bingkai system perekonomian Nasional, maka dalam GBHN secara eksplisit disebutkan bahwa ekonomi kerakyatan sebagai salah satu pemain ekonomi akan menerima keuntungan yang sangat berarti.[11] Dengan demikian dalam rangka pembangunan yang berorientasi kerakyatan dan lebieh spesifik lagi mengembangkan usaha kecil, perlu menggali kekuatan-kekuatan yang ada di masyarakat serta mencermati kelemahan-kelemahannya, sehingga dapat ditemukan sebuah grand strategy yang dapat digunakan untuk menopang pengembangannya. Usaha kecil dimaksud, akan lebih efektif lagi bila lebih spesifik diarahkan pada program UP2K-PKK yang telah eksis baik secara institusional maupun manajerial.

4.1. Strategi Pengembangan UP2K-PKK

Untuk menjadikan UP2K-PKK sebagai program pengembangan usaha kecil yang memiliki keunggulan dan kekuatan dalam menghadapi liberalisasi perdagangan dan krisis ekonomi, paling tidak dibutuhkan 5 (lima) langkah startegi yang harus dijalankan. Kelima strategi dimaksud adalah sebagai berikut :

4.1.1. Peningkatan Kemandirian UP2K-PKK Melalui Pendampingan

UP2K-PKK sebagai lembaga local yang dimiliki oleh masyarakat setempat harus mampu mandiri dengan asas keswadayaan. Dalam hal ini seluruh komponen masyarakat sebagai anggota UP2K-PKK terlibat secara aktif dalam semua kegiatan yang diselenggarakan. Keterlibatan masyarakat dalam kegiatan akan menimbulkan sense of belonging dan sense of responsibility yang tinggi terhadap keberlangsungan kelembagaan. Namun demikian mengingat multikompleksnya permasalahan yang ada di tengah masyarakat dan pada dataran konsepsi manajerial kelembagaan masih lemah, maka dibutuhkan pendampingan terhadap institusi ini.

Sebagai langkah antisipatif dalam pelaksanaan program UP2K-PKK yang tergolong pada jenis kegiatan social safety net yang oleh pemerintah tengah digulirkan dan didukung pelaksanaannya, maka dalam hal ini pemerintah mempunyai kewajiban untuk memperhatikannya dalam sisi pembinaan institusi/kelembagaan, sehingga didaptkan pola yang tepat untuk pemberdayaan dan penguatan (empowering) lembaga UP2K-PKK melalui proses pendampingan. Pendamping mempunyai 3 (tiga) fungsi utama yaitu sebagai motivator, fasilitator, dan komunikator.

Pertama sebagai motivator, pendamping menumbuhkan motivasi para anggota untuk mendukung pelaksanaan kegiatan kelompok. Pendamping berperan aktif bersama anggota untuk menggali motivasi akan pentingnya membentuk kelompok untuk bersama-sama mengatasi persoalan kehidupan terutama masalah-masalah ekonomi.

Kedua sebagai fasilitator, pendamping memfasilitasi anggota kelompok agar memiliki keterampilan yang dipandang perlu untuk pengembangan kelompok. Di sini pendamping membantu penyusunan system adminstrasi dan manajerial kelompok dan kelembagaan PKK dengan simple administration system, juga dapat menghubungi lembaga yang kompeten untuk memberikan wawasan bagi peningkatan keterampilan teknis berusaha.

Ketiga sebagai komunikator, pendamping mencari informasi tentang jenis usaha apa yang dipandang memiliki prospek yang baik di masa kini dan akan datang. Selanjutnya pendamping mengusahakan net working dengan lembaga-lembaga perekonomian maupun pemerintah yang dapat membantu keperlangsungan program UP2K-PKK.

4.1.2. Memantapkan kelembagaan UP2K-PKK

Strategi ini ditujukan untuk mewujudkan kelembagaan UP2K-PKK sebagai lembaga yang direncanakan secara partisipatif dan mampu untuk eksis secara sustainability. Bentuk pemantapan kelembagaan ini mengambil coraknya yang sangat sederhana dengan meliputi pemenuhan asas kelembagaan dan pengembangan program-program ke depan. Untuk melakukan kedua hal tersebut diperlukan langkah-langkah berikut;

· Penyiapan pedoman kelambagaan UP2K-PKK yang akan dijadikan acuan untuk pelaksanaan program dan koridor keanggotaan UP2K-PKK, sehingga keberadaannya menjadi lebih jelas dan dapat dijadikan acuan untuk melakukan kerjasama dengan lembaga-lembaga yang meiliki concern terhadap pemberdayaan ekonomi kerakyatan atau peningkatan usaha kecil.

· Mengembangkan pola pembinaan kelembagaan melalui identifikasi potensi yang ada di masyarakat, peluang dan tantangan bagi program UP2K-PKK, merumuskan program pembinaan bagi anggota UP2K-PKK, dan mengadakan temu anggota yang teratur dan berkesinambungan sebagai media tukar informasi di anatar anggota.

· Evaluasi rutin terhadap pelaksanaan program UP2K-PKK yang diadakan oleh pengurus, sehingga didapatkan alternatif pemecahan masalah (problem solving alternative) yang dialami oleh anggota di tingkat pelaksanaan program.

4.1.3 Meningkatkan SDM

Keberhasilan dan kegagalan pengembangan usaha kecil ini pun ditentukan oleh tingkat SDM yang mengelola jenis kegiatan tertentu. Pilihan peningkatan SDM bagi pengembangan UP2K-PKK merupakan alternatif yang baik untuk dikedepankan, sehingga program yang dijalankan benar-benar dapat dikelola dengan baik dan mencapai sasaran yang diinginkan. Upaya yang dapat dilakukan untuk peningkatan SDM pengelola UP2K-PKK adalah sebagai berikut:

· Melalui pelatihan peningkatan skill atau keterampilan secara khusus dan paraktis, sehingga dapat diterima dan dilaksanakan oleh pengelola UP2K-PKK untuk mengembangkan jenis usaha yang digelutinya.

· Pengembangan lembaga incubator atau magang pada lembaga sejenis yang telah berhasil melakukan pengembangan usahanya, untuk mendapatkan gambaran tentang pola penanganan usaha yang baik.

· Melakukan studi banding pada lembaga sejenis untuk mendapatkan gambaran sisi positif tentang keberhasilan pengembangan usaha, dan sisi negatif tentang keterpurukan atau kebangkrutan yang dialami oleh pengelola lembaga itu.

4.1.4. Meningkatkan Permodalan

Permodalan atau investasi merupakan kunci utama (primary key) dalam upaya mempertahankan dan mengembangkan program UP2K-PKK. UP2K-PKK yang tergolong pada usaha kecil atau eknomi kerakyatan syarat dengan kebutuhan akan suntikan modal yang sesuai dengan jenis usahanya. Kurangnya investasi dalam pengembangan program UP2K-PKK akan mengakibatkan terjepitnya posisi usaha ini, terlebih dihadapkan pada era liberalisasi perdagangan yang gerbangnya sudah di depan mata. Dalam hal ini pemerintah harus melakukan redistribusi asset negara secara poporsional terutama untuk meningkatkan kemandirian ekonomi kerakyatan.[12]

Dengan kata lain, keberpihakan pemerintah terhadap pengembangan usaha kecil semacam UP2K-PKK harus direlalisasikan dalam benuk yang lebih riil. Upaya untuk mendapatkan permodalan atau investasi dapat dilakukan melalui beberapa cara, diantaranya adalah; Pertama, menyediakan dan menyebarkan informasi tentang potensi, peluang usaha, kelayakan usaha, dan lain-lain yang dapat merangsang minat si pemilik modal (investor) untuk memberikan atau menanamkan modalnya pada program UP2K-PKK. Kedua, adanya dukungan yang penuh dari pemerintah dalam bentuk penyaluran kredit (modal) bagi usaha kecil seperi program UP2K-PKK, dengan cara yang sederhana dan memudahkan untuk pengurusannya, dan ketiga, melakukan sosialisasi dan diseminasi terhadap pelaku bisnis tentang permodalan yang dijalankan dalam pelaksanaan program UP2K-PKK.

4.1.5. Kemitraan Usaha

Kemitraan usaha ini sesungguhnya telah dicanangkan oleh pemerintah sejak pelaksanaan Pelita III, yang dipandang sebagai salah satu strategi untuk mengangkat dan mengembangkan perekonomian rakyat. Pola kemitraan usaha ini diharapkan dapatnya terjadi sinergi antara perusahaan besar atau BUMN dengan usaha kecil, yang substansi kerjasamanya adalah saling menguntungkan kedua belah pihak.[13] Pada kemitraan usaha ini tidak dibenarkan adanya eksploitasi atau hegemoni ekonomi dari perusahaan besar terhadap jenis usaha kecil, yang ada adalah pola win-win solution antara pihak yang melakukan kemitraan. Di sini harus ditumbuhkan rasa kesadaran bahwa kedua belah pihak yang bermitra mempunyai kesejajaran dan derajat yang sama, serta memiliki kelemahan-kelemahan yang dapat ditutupi melalui saling mengisi terhadap kelemahan masing-masing.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kemitraan usaha merupakan salah satu bentuk upaya peningkatan peran usaha kecil semacam UP2K-PKK untuk dapat bertahan dan mengembangkan usahanya dalam iklim percaturan perekonomian Nasional dan tantangan liberalisasi perdagangan dunia. Strategi ini dalam tataran praktis akan memiliki makna yang cukup substansial, yakni menculnya tanggung jawab moral dari perusahaan besar untuk membimbing dan membina UP2K-PKK sebagai mitra usahanya. Pola kemitraan usaha ini pada akhirnya dapat mengembangkan UP2K-PKK untuk meningkatkan produktivitas, efesiensi dan efektifitas, jaminan kualitas, kuantitas, dan kontinyuitas, serta memperkecil risiko karena adanya risk sharing.

4.2. Model Kegiatan UP2K-PKK

Untuk menurunkan strategi pengembangan UP2K-PKK ke dalam bentuk operasional, agar dapat membumi, maka perlu dikembangkan model-model kegiatan yang applicable dan simple. Untuk menciptakan model kegiatan tersebut, harus memperhatikan kondisi lingkungan setempat –dalam hal ini lingkungan makro Dareah Khusus Ibukota (DKI Jakarta— sebagai standar dalam penentuan program UP2K-PKK. Mengesampingkan kondisi lingkungan strategis yang melingkupi pusat pelaksanaan UP2K-PKK dalam hal penyusunan program riil, berarti membuat program utopis tanpa mempunyai dasar pijak yang jelas. Karena lingkungan merupakan tempat muaranya kegiatan kehidupan manusia yang dapat menentukan pilihan-pilihannya tersendiri, sesuai dengan kebutuhan yang ada di tingkat masyarakatnya.

Berpijak dari urgensi lingkungan terhadap pengembangan dan peningkatan program UP2K-PKK, paling tidak ada 5 (lima) model-model kegiatan yang cocok dilaksanakan di DKI Jakarta. Kelima model kegiatan itu dapat dilihat dalam table berikut:

Tabel

Model Kegiatan UP2K-PKK

MODEL KEGIATAN

TUJUAN

METODE PENDEKATAN

JENIS KEGIATAN

Pengembangan Home Industri

Meningkatkan usaha kecil secara langsung di tingkat mikro, serta merangsang kaum perempuan dalam proses pelaksanaan program UP2K-PKK

· Bimbingan/pelatihan praktis

· Demo-plot di lapangan

· Studi banding

· Membuat net working utk pemasaran produk

· Pembuatan kue-kue dan minuman

· Penyediaan parsel

· Jahit menjahit

· Pengadaan catering

Usaha di bidang kerajinan

Mengoptimalkan potensi masyarakat dalam hal SDM dan ketersediaan bahan baku di lingkungan setempat.

· Bimbingan/pelatihan praktis

· Demo-plot di lapangan

· Studi banding

· Membuat net working utk pemasaran produk

· Pengembangan model, melalui pengkajian di tingkat lapangan

· Kerajinan kayu

· Pembuatan jok mobil atau kursi meubeler.

· Pembuatan kemoceng plastik dan sejenisnya

· Pembuatan pot tanaman

Usaha di bidang jasa

Memberi kesempatan kepada masyarakat untuk berusaha di bidang jasa yang dapat dilakukan secara tekun dan simultan

· Bimbingan/pelatihan praktis

· Demo-plot di lapangan

· Studi banding

· Magang di tempat yang sudah mapan

· Membuat net working utk pemasaran produk

· Salon kecantikan

· Penyediaan alat-alat pesta

· Jasa boga

· Kursus mengemudi dan pengadaan SIM

· Kursus komputer dan bahasa, serta bimbingan belajar.

· Dagang atau pembuatan warung yang memberi layanan kebutuhan sehari-hari

· Penyediaan Wartel

Usaha di bidang budidaya

Mengembangkan dan meningkatkan potensi budi-daya di masyarakat DKI Jakarta, sehingga menghasilkan produktivitas tinggi untuk peningkatan ekonomi keluarga.

· Bimbingan/pelatihan praktis

· Demo-plot di lapangan

· Studi banding

· Magang di tempat yang sudah mapan

· Membuat net working utk pemasaran produk

· Budidaya ikan hias

· Budidaya kerang laut

· Pembuatan ikan asin

· Budidaya tanaman

· Pengolahan limbah industri

Usaha di bidang simpan-pinjam (perkreditan)

Menjadikan UP2K-PKK sebagai lembaga yang ber-gerk di bidang keuangan, yang diharapkan dapat menumbuhkan sikap hidup hemat dan membantu permodalan pada usaha kecil.

· Bimbingan/pelatihan di bidang administrasi dan manajemen

· Studi banding

· Magang di tempat yang sudah mapan

· Penguatan kelembagaan

· Pembentukan kelompok-kelompok usaha

· Membuat lembaga Unit Pengelola Keuangan (UPK) yang bertugas untuk memberikan kredit bagi pengembangan usaha kecil di berbagai bidang

· Membuat lembaga perkoperasian

· Pembentukan Waserda sebagai pusat grosir untuk mendukung warung sekitar.

· Menggalakan kegiatan arisan di tingkat komunitas.

V. PROSPEK KEGITAN UP2K-PKK DI DKI JAKARTA

Program UP2K-PKK memiliki lingkup dan jenis usaha untuk pemenuhan kebutuhan mayoritas warga masyarakat terutama warga DKI Jakarta, sudah barang tentu mempunyai nilai positif untuk dikembangkan. UP2K-PKK tergolong pada jenis usaha kecil atau ekonomi kerakyatan yang memiliki ciri-ciri pokok bersifat tradisional, skala usaha kecil, dan pemenuhan kebutuhan pokok (necessities).

Model usaha seperti ini akan mampu bertahan dan merupakan sebuah potensi ekonomi yang dapat dikembangkan dalam kegiatan ekonomi global, karena di samping secara kuantitas merupakan kegiatan usaha mayoritas masyarakat[14] juga secara riil dapat memberikan konstribusi positif terhadap negara, seperti Asosiasi Pengusaha Wartel Indonesia (APWI) –yang tergolong jenis usaha kecil-- bisa menyumbangkan pajak sebesar 700 milyar rupiah pertahun.[15] Di samping itu model program UP2K-PKK tidak tergantung (independen) pada arus modal besar dan dapat dengan mudah beradaptasi dengan kondisi lingkungan strategis yang mengelilinginya.

Terlebih bila di lihat dari kondisi universal kehidupan Kota Jakarta yang memiliki potensi besar untuk dapat mengembangkan semua jenis usaha. Dari mulai jenis usaha rendah seperti pengumpul barang-barang bekas sampai jenis usaha yang tergolong berat yang hanya orang-orang tertentu saja dapat mengerjakannya, bahkan usaha di bidang jasa pun mendapat porsi yang signifikan untuk dikembangkan. Keadaan semacam ini yang dapat mendorong program UP2K-PKK menjadi kondusif, sehingga bisa berkembang, meningkat, dan pada akhirnya memiliki daya saing untuk meningkatkan kualitas, kuantitas, dan kontinyuitas.

Oleh karena itu prospek pengembangan program UP2K-PKK ke depan di Ibukota Jakarta dan kota-kota lainnya sangat cerah dan memberikan harapan untuk meningkatkan penghasilan keluarga. Dengan demikian, program UP2K-PKK harus sedini mungkin disosialisasikan baik secara vertical maupun horizontal agar dapat dipahami dan diapresiasi dengan baik, sehingga UP2K-PKK mendapat perhatian secara proporsional dari berbagai pihak yang mempunyai concern terhadap pengembangan usaha kecil. Terlebih pada program UP2K-PKK pelibatan kaum perempuan diprioritaskan, sehingga akan dapat memberikan warna tersendiri dalam pengembangan ekonomi kerakyatan yang saat ini oleh pemerintah diberikan perhatian utama.

VI. PENUTUP

Upaya pemberdayaan dan peningkatan usaha kecil atau sector ekonomi kerakyatan melalui pendekatan program UP2K-PKK merupakan salah satu alternatif strategis untuk menopang perekonomian Nasional. Terlebih dalam program ini muatan peran perempuan sangat signifikan yang selama ini mayoritasnya termarjinalisasi dalam sector kehidupan sosial dan ekonomi. Sinergitas kaum perempuan dalam sector sosial dan ekonomi, pada akhirnya akan mampu menciptakan dinamisasi dan iklim kondusif dalam kerangka pemberdayaan usaha kecil.

Melihat tantangan ke depan terutama adanya liberalisasi perdagangan, maka diperlukan strategi dan model kegiatan UP2K-PKK yang tepat agar program ini dapat membumi. Strategi dimaksud meliputi 5 (lima) langkah pokok, yaitu peningkatan kemandirian melalui pendampingan, memantapkan kelembagaan, meningkatkan SDM, meningkatkan permodalan, dan kemitraan usaha. Strategi pengembangan UP2K-PKK ini tentunya harus ditopang oleh model kegiatan yang tepat untuk dilaksanakan. Hal ini tentunya harus mempertimbangkan factor kondisi lingkungan kehidupan secara universal Ibukota Jakarta, agar program yang dilaksanakan dapat dikonsumsi oleh masyarakat setempat. Namun demikian program UP2K-PKK yang akan dilaksanakan paling tidak harus mengacu pada dua karakteristik utama, yaitu berskala usaha kecil dan bersifat pemenuhan kebutuhan pokok (necessities) masyarakat atau lingkungan setempat.

Melihat kegiatan sector informal di lingkungan Ibukota Jakarta yang sangat kompleks dan bersifat multidimensional, maka prospek pengembangan program UP2K-PKK di Ibukota Jakarta sangat cerah dan memungkinkan diangkat menjadi komoditas unggulan di sector ekonomi perkotaan. Oleh karena itu, selogyanya pemerintah memperhatikan dan mengapresiasi program UP2K-PKK ini dengan memberikan stimulan dan mengayominya. Juga di sisi lain warga masyarakat memberikan dukungan penuh berupa partisipasi aktif untuk pengembangan program ini ke depan.Tentunya hal ini dapat dicapai bila diadakan sosialisasi tentang program UP2K-PKK baik pada dataran vertical maupun horizontal, sehingga semua steckholder yang terkait dengan program ini dapat mengetahuinya dengan jelas dan tarnsparan.

DAFTAR ISI

Ginandjar Kartasasmita, “Pembangunan Untuk Rakyat Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan”, Jakarta : Pustaka Cidesindo, 1996

H.A.R. Tilaar, “Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Era Globalisasi”, Jakarta: Gramedia, 1997

Yulfira Raharjo dan Ingrid Kolb-Hindarmanto, ”Social Safety Net Pengembangan, Konsep, dan Aplikasinya, Jakarta : Sabena Utama, 1998

Marwah Daud Ibrahim, “Teknologi Emansipasi dan Transendensi”, Bandung : Mizan, 1995

Fuad Amsyari, “Islam Kaafah, Tantangan Sosial dan Aplikasinya di Indonesia”, Surabaya : Bina Ilmu, 1995

Mohammad Jafar Hafsah, “Kemitraan Usaha Konsepsi dan Strategi”, Jakarta : Pustaka Sinar Harapan, 1999

Chris Maning dan Peter Van Diermen (ed.), “Indonesia di Tengah Transisi Aspek-Aspek Sosial Reformasi dan Krisis”, Yogyakarta: LkiS, 2000

Ferry D Latief, “Strategi Pengembangan Kelembagaan Kelompok Usaha Kecil-Mikro”, Makalah pada acara Lokakarya Regional Pengembangan Usaha Kecil-Mikro dalam P2KP, Bandung : KMP P2KP Regional Jawa Barat – DKI, 4 Juli 2001



[1] Dalam buku “Pembangunan Untuk Rakyat”, disebutkan bahwa peran wanita yang berwawasan jender dalam peningkatan penanggulangan kemiskinan adalah pelibatan secara maksimal peran aktif kaum wanita dalam upaya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung, dalam rangka mempercepat pemerataan pembangunandan hasil-hasilnya, tanpa harus meninggalkan peran kodrati kewanitaannya, serta sesuai dengan kondisi sosial budaya masyarakat setempat. Ginandjar Kartasasmita, “Pembangunan Untuk Rakyat Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan”, Jakarta : Pustaka Cidesindo, 1996, h. 209

[2] H.A.R. Tilaar, “Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Era Globalisasi”, Jakarta : Gramedia, 1997, h. 214 - 217

[3] Yulfira Raharjo dan Ingrid Kolb-Hindarmanto, ”Social Safety Net Pengembangan, Konsep, dan Aplikasinya, Jakarta : Sabena Utama, 1998, h. 6

[4] Ginandjar Kartasasmita, Op. Cit., h. 201

[5] Marwah Daud Ibrahim, “Teknologi Emansipasi dan Transendensi”, Bandung : Mizan, 1995, h.28 dan 78. Juga dapat dilihat pada Fuad Amsyari, “Islam Kaafah, Tantangan Sosial dan Aplikasinya di Indonesia”, Surabaya : Bina Ilmu, 1995, h. 231

[6] Mohammad Jafar Hafsah, “Kemitraan Usaha Konsepsi dan Strategi”, Jakarta : Pustaka Sinar Harapan, 1999Kemitraan Usaha, h. 156-159

[7] Chris Maning dan Peter Van Diermen (ed.), “Indonesia di Tengah Transisi Aspek-Aspek Sosial Reformasi dan Krisis”, Yogyakarta: LkiS, 2000, h. 229

[8] H.A.R. Tilaar, Op. Cit., h. 107

[9] Chris Maning dan Peter Van Diermen (ed.), Op. Cit., h. 226-230

[10] Mohammad Jafar Hafsah, Op. Cit., h. 31

[11] Dalam GBHN alenia pertama bidang ekonomi disebutkan, “mengembangkan system ekonomi kerakyatan yang bertumpu pada mekanisme pasar yang berkeadilan, dengan prinsip persaingan sehat dan memperhatikan pertumbuhan ekonomi, nilai-nilai keadilan, kepentingan sosial, kualitas hidup, pembangunan berwawasan lingkungan, dan keberlanjutan, sehingga terjamin kesempatan yang sama dalam berusaha dan bekerja, perlindungan hak-hak konsumen serta perlakuan yang adil bagi seluruh masyarakat”. Ferry D Latief, “Strategi Pengembangan Kelembagaan Kelompok Usaha Kecil-Mikro”, Makalah pada acara Lokakarya Regional Pengembangan Usaha Kecil-Mikro dalam P2KP, Bandung : KMP P2KP Regional Jawa Barat – DKI, 4 Juli 2001, 2.

[12] Chris Maning dan Peter Van Diermen (ed.), Op. Cit., h. 159-160

[13] Mohammad Jafar Hafsah, Op. Cit., h. 64

[14] Dalam buku “Kemitraan Usaha Konsepsi dan Strateg”i dijelaskan bahwa jumlah usaha kecil dan koperasi di Indonesia diperkirakan lebih dari 38 juta pengusaha atau 99,8%. Mohammad Jafar Hafsah, Ibid., h. 36. Ini merupakan jumlah yang sangat fantastis dan sangat perlu mendapat dukungan atau perhatian prioritas dari pemerintah, ketimbang hanya memikirkan segelintir perusahaan --dalam hal ini salah satunya adalah perbankan-- yang hanya dinikmati oleh orang-orang tertentu saja.

[15] Harian Umum Media Indonesia, Rabu, 22 Mei 2002, h. 24

32 komentar:

  1. semangat kartini terus mengalir, mantap pak postingnya

    BalasHapus
  2. seeuju dengan peningkatan kualitas sdm berkat pkk, karena itu juga bisa mengubah negeri ini menjadi lebih baik

    setuju banget dengan artikel ini ^_^

    BalasHapus
  3. Markus Achmad, saya di sini untuk memberikan kesaksian tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Amanda Firm Pinjaman. Aku melihat sebuah iklan di internet oleh Ikmaludin Husnah bersaksi tentang bagaimana dia mendapat pinjaman dari Ibu Amanda, saya menghubungi Ikmaludin Husnah melalui emailnya ikmahusnah@gmail.com dan dia menjelaskan semuanya di rinci kepada saya. Saya diarahkan ke Ibu Amanda dan saya menghubungi dia melalui amandaloan@qualityservice.com dan amandaloanfirm@cash4u.com.
    markusachmad@gmail.com adalah email saya, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini untuk pertanyaan.

    BalasHapus

  4. BERITA BAIK BERITA BAIK

    Halo semuanya, saya SUWANDI dari indonesia. Saya menyarankan Anda semua di sini untuk tidak mengajukan pinjaman untuk perusahaan atau pemberi pinjaman di halaman web ini, sebagian besar perusahaan di sini adalah tipuan, penipuan dan penipuan, dan juga beberapa testimonial di sini salah, mereka adalah orang yang sama. Karena itu, tolong berhati-hatilah untuk tidak menjalin kemitraan dengan mangsa Indonesia. Saya ditipu empat kali kira-kira Rp 200.000.000 untuk biaya registrasi, biaya transfer, bea cukai dan biaya asuransi, setelah pembayaran ini saya tidak mendapatkan pinjaman saya, tapi mereka meminta saya untuk membayar berkali-kali. Ini akan menarik minat Anda untuk mengetahui ada undang-undang untuk membiayai undang-undang atau peraturan dewan pengurus ini untuk mendapatkan pinjaman dari undang-undang pemberi pinjaman atau perusahaan mana pun. Saya bersyukur bahwa saya menerima pinjaman cepat sebanyak $ 250.000 dari perusahaan yang diperkenalkan teman saya Achmad Halima. Perusahaan pinjaman yang benar dan dapat dipercaya (ALEXANDER ROBERT). Mereka sekarang menjadi perusahaan terbesar di AS, Eropa dan seluruh Asia. Misi dan komitmen Anda kepada Alexander's Loan Company didedikasikan untuk meringankan impian Anda dan membantu kita semua yang telah ditipu dan ditipu dalam proses mendapatkan pinjaman segera, memberi Anda keramahan kelas dunia. Perusahaan Pinjaman Alexander atau pemberi pinjaman tahu apa yang seharusnya ada di sepatu Anda dan mereka berusaha keras untuk tidak melupakan perasaan itu. Mereka akan mendapatkan kepercayaan Anda dengan mengkomunikasikan kepada Anda informasi yang perlu Anda ketahui, jika Anda perlu mengetahui dan berhak menawarkan pinjaman (pedagang pribadi atau pinjaman) dan layanan keuangan.

    Saya sangat bertekad membantu negara saya mendapatkan pinjaman dari penipuan dan segera, e-mail saya (suwandirobby01@gmail.com) atau (achmadhalima@gmail.com)

    Hubungi saya atau (alexanderrobertloan@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut, saya bersedia membantu. Tuhan memberkati kalian semua.

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum wr wb,

    Jika Bank anda mengatakan tidak untuk anda untuk pinjaman, di sana adalah tempat asli di mana anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin merekomendasikan sebuah organisasi pinjaman islam saya menemukan online untuk semua saudara-saudara muslim dan saudari yang sedang mencari pinjaman cepat untuk cepat menyelesaikan masalah yang mendesak. Saya mendapat pinjaman sebesar Rp800.000.000.00 aku digunakan untuk merenovasi sekolah saya dan yang lainnya onece aku digunakan untuk memperluas pabrik pengolahan makanan. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya merekomendasikan mereka karena ada begitu banyak palsu pinjaman perusahaan online. Saya diarahkan kepada mereka oleh kakak saya yang juga mendapat pinjaman dari mereka. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan bahwa mereka benar-benar asli. Mereka tidak seperti kebanyakan western pinjaman perusahaan itu adalah palsu. Jadi saya mengajukan pinjaman tanpa jaminan agunan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum Islam dan peraturan yang berlaku. Tidak ada jaminan yang dibutuhkan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka pinjaman proses cepat dan sederhana. Tapi Anda harus bisa meyakinkan mereka bahwa anda akan membayar kembali pinjaman. Saya ingin menyarankan semua muslim sejati ke kontak Email mereka: (islamicloanempowerment@gmail.com)

    Wassalamu alaikum wr wb.

    BalasHapus
  6. Herman, anda benar, segala sesuatu yang anda katakan mengenai organisasi ini disebut Islamic Pinjaman Pemberdayaan adalah benar. Saya juga mendapat pinjaman dari mereka, mereka benar-benar memberikan pinjaman asli. Mereka tidak seperti yang lain palsu pemberi pinjaman pinjaman di internet. Saya juga mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan yang lalu, saya benar-benar percaya mereka begitu banyak. Sebagai Herman mengatakan, siapa pun yang membutuhkan pinjaman mendesak dapat menghubungi mereka melalui Email (islamicloanempowerment@gmail.com) dan anda akan senang anda lakukan. Sekali lagi, Herman terima kasih untuk berbagi informasi ini kepada orang-orang kami di Indonesia.

    BalasHapus
  7. Halo semuanya
    Nama saya lismawati djumarding, saya dari indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu, saya merasa tegang secara finansial dan putus asa, saya ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman secara online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya menghubungi saya kepada pemberi pinjaman yang sangat andal yang disebut kreditur cepat Lindy Smith, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sejumlah 850 juta dalam waktu kurang dari 6 jam tanpa tekanan atau tekanan, dengan tingkat bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajukan, dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan. Jadi saya berjanji kepada Ibu Lindy bahwa saya akan membagikan kabar baik tersebut, agar orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, hubungi Mrs. Lindy melalui email: lindysmithloanfirm@gmail.com.
    Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: lismawatidjumarding@gmail.com
    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran angsuran bulanan saya, yang saya kirim langsung ke rekening bank perusahaan.

    BalasHapus
  8. Saya adalah Widya Okta dari SURABAYA, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum


    Calls Only::::{+12542276869}
    WhatsApp Only::::{+33753893351}
    Email:::::::{{aditya.aulia139@gmail.com}}
    {{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}}

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    BalasHapus
  10. Halo
      semua orang yang melihat ini di seluruh dunia, ada banyak penipu di situs ini, saya punya kabar baik untuk dibagikan. tolong bergabung dengan saya untuk menjadi bahagia dan berterima kasih kepada perusahaan peminjaman. Saya baru saja mendapat pinjaman dari ELINA JOHNSON yang sah, yang bertanggung jawab atas ALL GRANT.
    Mereka memberikan semua jenis pinjaman mulai dari Jumlah minimal 5.000 hingga 500.000.000,00 pada mata uang berikut: Dolar Amerika Serikat, Eropa dan Pound Inggris Besar (GBP)., Setelah Anda menghubungi mereka, mereka akan memproses pinjaman Anda untuk Anda, semua yang harus Anda lakukan hubungi ibu Elina di elinajohnson22@gmail.com, Anda juga dapat menghubungi di WHATSAPP nya (+2348147739239).
    Jika Anda ingin penjelasan lebih lanjut Anda dapat menghubungi saya di email saya .... wahyunielvin@gmail.com.
    Harap diperhatikan bahwa hanya perusahaan induk yang dapat Anda dapatkan pinjaman, jadi waspadalah terhadap pemberi pinjaman lainnya.
    Terima kasih, semoga Allah menjaga dan melindungi Anda semua .... Amin

    BalasHapus
  11. Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman pribadi uang, apakah Anda berutang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini, renovasi rumah Anda dan kami juga memberikan pinjaman BITCOIN dengan suku bunga sangat rendah 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan ke perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum Wr. Wb.

    WhatsApp Only::::{+33753893351}
    Email:::::::::{aditya.aulia139@gmail.com}
    {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    BalasHapus
  13. BERITA BAIK UNTUK ANDA SEMUA
    Apakah Anda telah ditolak akses ke pinjaman keuangan untuk membeli rumah, mobil, untuk membiayai diri sendiri atau mendirikan bisnis.
    Jangan khawatir lagi ... Cepat dan ajukan pinjaman lunak cepat Anda di GARY REYMOLDS LOAN FIRM.
    Kami memberikan semua jenis pinjaman kepada individu dan perusahaan dengan tingkat bunga rendah 2%.
    Hubungi kami melalui E-mail: garyreymolds36loanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum Wr. Wb.
    WhatsApp Only::::{+33753893351}
    Email:::{aditya.aulia139@gmail.com}
    {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    BalasHapus
  15. Halo,
    Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

    BalasHapus
  16. semua berkat mrs karina roland
    Nama saya annisa logan, saya dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman di internet bahwa mereka harus sangat hati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya benar-benar membutuhkan pinjaman, untuk meningkatkan saloon penata rambut saya, tetapi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, yang hampir membuat hidup saya melarat, sampai seorang teman merujuk saya ke salah satu pemberi pinjaman bernama Mother karina, pemilik perusahaan pinjaman karina roland, yang saya hubungi dan dia mengatakan kepada saya bahwa jika saya dapat memenuhi syarat dan ketentuan mereka bahwa pinjaman saya akan diberikan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam yang saya lakukan, setelah itu saya mengajukan pinjaman 450 juta rupiah setelah detail saya diverifikasi dalam waktu kurang dari 24 jam, rekening bank saya dikreditkan. sekarang saya sangat senang atas pekerjaan baik Ibu. Karina dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya tentang Ibu. karina, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi Ibu. karina melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com, atau hanya whatsapp +1 (312) 8721-592 Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: annisalogan622gan@gmail.com untuk kerja bagusnya dalam hidup saya dan keluarga saya.

    BalasHapus
  17. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
    dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  18. Halo, saya Ny. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang swasta, apakah Anda berhutang? Anda butuh dorongan finansial? pinjaman untuk membangun bisnis baru, untuk memenuhi tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Saya memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga dengan tingkat bunga yang sangat rendah 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  19. Saya memiliki skor kredit yang sangat rendah sehingga upaya saya untuk meminjam dari Bank ditolak. Saya bangkrut sampai-sampai saya tidak mampu makan tiga kali sehari dan juga saya benar-benar bangkrut karena nama saya identik dengan kemiskinan. saya berhutang baik dari teman-teman saya dan juga dari rentenir hidup saya di bawah ancaman saya harus melarikan diri dari rumah dan saya membawa anak-anak saya untuk bertemu ibu mertua saya karena sifat ancaman yang saya terima dari orang-orang yang meminjamkan saya uang Jadi saya harus mencari cara cepat dan mendesak untuk membayar kembali uang itu dan juga memulai bisnis baru usaha pertama saya sangat mengerikan karena saya ditipu sebesar Rp5.390.020.00 saya harus pindah juga dua minggu kemudian saya kehilangan Rp350.000,00 kepada pemberi pinjaman yang curang jadi saya turun secara finansial dan emosional karena ini adalah yang paling tidak saya harapkan sehingga seorang teman saya memberi tahu saya untuk menghubungi email ini: :( iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) bahwa saya harus meminta jumlah berapa pun berharap agar Bunda Iskandar selalu menjadi kembali untuk memberikan bantuan keuangan kepada siapa pun yang membutuhkan sehingga saya meminta untuk jumlah Rp850.000.000,00 dalam waktu 24 jam cerita saya berubah untuk selamanya saya membayar semua hutang saya dan saya juga memiliki cukup uang untuk membiayai sendiri bisnis semua terima kasih kepada teman saya yang memperkenalkan saya kepada ibu khususnya dan juga kepada Ibu Iskandar secara umum untuk mengubah rasa malu saya menjadi terkenal
    Courtesy: ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY
    e_mail:[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    e_mail:[oktamira2030@gmail.com]

    BalasHapus
  20. KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!!

    Halo semua, nama saya Mrs. Arya Theresia, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari MRS CHRISTY MORRIS LOAN FIRM karena begitu banyak pemberi pinjaman kredit palsu di sini di internet dan juga untuk memberi tahu Anda bahwa saya adalah korban penipu internet berkali-kali, jadi saya tidak kehilangan harapan sampai saya dirujuk oleh seorang teman ke pemberi pinjaman terpercaya bernama MRS. CHRISTY MORRIS yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp850.000,0000 dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan, saya sarankan CHRISTY MORRIS LOAN FIRM adalah yang terbaik dan saya berdoa Tuhan akan memberkati mereka dan menjaga bisnis mereka maju, Amin

    Jika Anda memerlukan bantuan tentang cara mendapatkan pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (aryatheresia750@gmail.com)

    Anda dapat menghubungi perusahaan secara langsung dengan pinjaman mereka
    Email: (christymorrisloanfirm@gmail.com)
    Terima kasih
    Arya Theresia

    BalasHapus
  21. SELAMAT DATANG DI KARINA ROLAND LOAN COMPANY, (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya di +1 (585) 708-3478

    tujuan kami adalah untuk memberikan Layanan Profesional Sangat Baik.
    Apakah Anda seorang pria atau wanita bisnis? Apakah Anda dalam kekacauan keuangan atau Anda perlu dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai Skala Kecil dan bisnis menengah yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda kesulitan mendapatkan modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya?

    Pinjaman kami diasuransikan dengan baik untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami, tujuan utama kami adalah untuk membantu Anda mendapatkan layanan yang Anda layak, Program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dalam sekejap. Kurangi pembayaran Anda untuk mengurangi beban pengeluaran bulanan Anda. Dapatkan fleksibilitas yang dapat Anda gunakan untuk tujuan apa pun - mulai dari liburan, pendidikan, hingga pembelian unik

    Kami menawarkan semua jenis layanan keuangan kepada individu yang membutuhkan pinjaman yang meliputi: Pinjaman Pribadi, pinjaman konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Pendidikan, Pinjaman Terjamin Hipotek, Pinjaman Tanpa Jaminan, Pinjaman Hipotek, Pinjaman Gaji, Pinjaman Siswa, Pinjaman Komersial, Pinjaman Investasi , Pinjaman Pembangunan, Pinjaman Otomatis, Pinjaman Konstruksi, dengan suku bunga rendah sebesar 2% per tahun untuk perorangan, perusahaan dan badan hukum. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga Anda dan miliki rumah impian Anda juga dengan skema Pinjaman Umum kami.

    Silakan, hubungi kami untuk informasi lebih lanjut jika Anda tertarik: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hubungi kami hanya di +1 (585) 708-3478

    BalasHapus
  22. Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

    Detail Kontak Penuh:

    Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
    Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
    Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

    TESTIMONI OLEH
    Penerima Manfaat: Angga Annisa
    Email: {anggaannisa1979@gmail.com}
    Twitter: [@AnggaAnnisa1]

    BalasHapus
  23. My name is Reni Alida, I want to use this media to remind all loan seekers to be very carefull/vigilant, because there are frauds and fake loan company everywhere, they will send fake loan agreement documents to you and they will say there are no payments upfront, but they are fraudstarts, because they will then ask for payment of license fees and transfer fees, so be careful of those fraudulent Loan Companies.

    A few months ago I was financially tense and desperate, I was tricked by several online loan company. I almost lost hope until God used my friend who referred me to a very reliable lender called Ms. Elizebeth Isaac Loan Company, who lent me an unsecured loan of Rp.600,000,00 (600 thousand) in less than 24 hours and the interest rate was only 2% .

    I was very surprised when I checked my bank account balance and found that the amount I applied was sent directly to my bank account without delay.

    Because I promise that I will share the good news, so that people can get loans easily without stress. So, if you need any loan,do not hesitate please contact her via real email: Elizebethisaacloancompany@gmail.com and by God's grace she will never let you down in getting a loan if you obey her terms and condition.

    You can also contact me at my email: renialida@gmail.com. All I will do is try to fulfill my loan payments that I send directly to their accounts monthly.

    BalasHapus
  24. Halo,
    nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

    Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

    BalasHapus
  25. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus
  26. semua berkat mrs karina roland
    Nama saya annisa logan, saya dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman di internet bahwa mereka harus sangat hati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya benar-benar membutuhkan pinjaman, untuk memperbaiki saloon penata rambut saya, tetapi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, yang hampir merenggut nyawaku, sampai seorang teman merujuk saya ke salah satu pemberi pinjaman bernama Ibu. karina, pemilik perusahaan pinjaman roland karina, yang saya hubungi dan dia mengatakan kepada saya bahwa jika saya dapat bertemu dengan syarat dan ketentuan mereka bahwa pinjaman saya akan diberikan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam seperti yang saya lakukan, setelah itu saya mengajukan pinjaman 450 juta rupiah setelah rincian saya diverifikasi dalam waktu kurang dari 24 jam rekening bank saya dikreditkan. sekarang saya sangat senang atas pekerjaan baik Ibu. Karina dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya tentang Ibu. karina, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi Ibu. karina melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com, atau whatsapp hanya +1 (585) -708-3478 Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: annisalogan@gmail.com untuk pekerjaannya yang baik dalam hidup saya dan keluarga saya.

    BalasHapus
  27. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    BalasHapus
  28. Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM , Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya curang dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM, Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan Pemberi pinjaman karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya, Harum kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. LASSA JIM, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ms. LASSA.
    Saya mengajukan pinjaman 2 miliar rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya katakan kepada dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 2 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Tuhan memberkati Mrs. LASSA JIM untuk membuat hidup saya lebih mudah, jadi saya sarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya adalah INDALH HARUM, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Indalhharum@gmail.com

    BalasHapus
  29. Halo nama saya Cynthia Dafa, saya tinggal di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk berterima kasih kepada Yang Mahakuasa Alleh atas hidup saya dan menggunakan saya untuk memenuhi perusahaan ibu yang setia (Perusahaan Investasi Pinjaman Christabel Missan) untuk mengubah hidup saya daripada miskin menjadi kaya, saya memiliki masalah keuangan dan itu sangat buruk dan sulit tetapi terima kasih untuk perusahaan ibu yang jujur ​​dan setia, MRS. CHRISTABEL MISSAN PINJAMAN INVESTASI PERUSAHAAN yang membantu saya dengan pinjaman 300 miliar dan sekarang saya memiliki transfer pinjaman ke rekening bank saya dan saya hanya melakukan pembayaran untuk memindahkan pinjaman saya tanpa menambah rasa sakit saya dan sekarang keluarga saya dan saya bekerja dengan baik dan sekarang bisnis berjalan baik-baik saja terima kasih kepada ibu yang jujur ​​kepada Christabel Missan.

    Jika Anda tahu bahwa Anda membutuhkan pinjaman segera, saya akan merekomendasikan Anda ke Puan Christabel Missan di Email :: christabelloancompany@gmail.com
    Instagram ': christabelmissan
    Untuk informasi lebih lanjut, Anda masih bisa menghubungi saya, teman saya, yang memperkenalkan saya pada perusahaan pinjaman ibu yang jujur ​​lianmeylady@gmail.com

    Tolong tolong jika mau, Anda masih bisa menghubungi saya cynthiadafaq@gmail.com
    Dan Anda juga dapat menghubungi nomor WhatsApp ibu yang jujur ​​+15614916019

    BalasHapus
  30. My name is Mohammed Ahsan I'm a financial Consultant of a reputable firm Operating out of the United Kingdom
    we provide Discrete Financial, Services for High Net Worth CEO's/Executives of Corporation & Senior Government Officials globally.
    What we do is Legal & within the ambit of the law but following the Leakage of the Infamous United Kingdom
    Papers & subsequent threat by the International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ)
    International Criminal Court (ICC)
    Below is what my Sender can offer.
    1, MT103 gpi automatic
    2, MT103 wire transfer
    3, MT103 TT
    4, MT103/202 manual download
    5, SBLC lease and Purchase

    All bank instrument will be done via bank officer to bank officer, Receiver has to provide bank officer details
    on DOA all brokers are welcome and guarantee of there payment after successful deal
    kindly send me a message via email and WhatsApp.


    Email: mohammedahsan877@gmail.com

    WhatsApp- +19893413179

    BalasHapus